Kamis, 31 Desember 2009

Perusahaan Dell Komputer

Dell computer adalah perusahaan penjual komputer terbesar di dunia dengan 16.000 karyawan di 33 negara serta konsumen di 170 negara. Perusahaan ini memiliki kantor pusat di Round Rock, texas, dekat Austin. Dalam 15 tahun Dell menjadi pengecer komputer terbesar , mengalahkan IBM , Hewlett-Packard dan Compaq. Dell meninggalkan pesaingnya baik dalam pertumbuhan maupun profibilitas. Salah satu alasan keberhasilan perusahaan ini adalah karena kemampuannya menerapkan pengendalian dalam menentukan strategi ketika lingkungan bisnis yang terus berubah. Pemilihan strategi yang tepat dibutuhkan oleh setiap perusahaan demi kelangsungan kinerja perusahaan yang unggul. Dan sistem pengendalian manajemen yang membantu dalam pemilihan strategi yang tepat untuk perusahaan. Keberhasilan perusahaan Dell dalam mengimplementasikan system pengendalian manajemen membuat perusahaan ini unggul dalam menghadapi pesaingnya.

Sumber Keunggulan Kompetitif Dell

Pembuat PC lainnya seperti IBM, H-P, dan Compaq, merancang dan membuat produk mereka berdasarkan ramalan pasar. Produk mereka lebih dulu di simpan di gudang dan kemudian dikirim ke agen, pengecer dan perantara lainnya yang biasanya menaikkan harga 20 –30 persen sebelum dijual ke konsumen. Akan tetapi hail ini berbeda dengan Dell, Dell komputer menggunakan model “langsung”, mereka melakukan langkah-langkah:

a. Mencari semua komponen tetapi melakukan perakitan
b. Menghilangkan pengecer dan mengirimkan langsung dari pabrik ke pemakai akhir.
c. Menerima pesanan untuk perangkat lunak atau keras melalui telepon atau internet.

Dell merancang komputer sesuai pesanan, setelah menerima pesanan, disamping membuatnya untuk persediaan. Sehingga, perusahaan hanya memiliki persediaan komponen dan barang jadi yang sedikit (rata- rata, 7-11 hari untuk Dell, dan 70-100 hari untuk perusahaan lain dan pengecernya). Pengurangan persediaan yang besar sangat menghemat biaya modal untuk penyimpanan lebih penting lagi, persediaan yang rendah memberikan Dell keunggulan teknologi. Prosesor mikro dan teknologi komponen terus maju tanpa tertahan . Dan komponen Dell lebih baru 60 hari dari IBM atau Compaq.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar